oleh

Dua Kapal Rute Tanjungpinang – Anambas Belum Diizinkan Berlayar, Gelombang Laut Masih Tinggi

KabarKepri.com – Tanjungpinang – Dua kapal rute Tanjungpinang-Anambas, yakni VOC Batavia dan MV Putri Anggraini hingga saat ini belum diizinkan berlayar. Penundaan keberangkatan kedua kapal itu sudah memasuki minggu ketiga.

“Setiap tahun memang seperti ini, sekarang sudah mau 3 pekan belakangan ini gelombang laut di perairan itu cukup tinggi,” kata Petugas Seksi Keselamatan KSOP Tanjungpinang, A Martawilaya, Jumat (24/12).

Kata dia, dalam situasi normal, kedua kapal ini memiliki jadwal keberangkatan lima kali dalam sepekan.

“Biasanya keberangkatan VOC di hari Senin, Rabu, Sabtu dan untuk kapal Anggraini, Jumat dan Minggu rata-rata penumpang bisa mencapai maksimal 100 penumpang,” ujar Martawilaya.

Ia menyebut, pemerintah sudah memberikan imbauan untuk tidak dilakukan keberangkatan dan mendapat respon positif dari masyarakat.

“Mereka sudah dapat imbauan dari pemerintah, dan masyarakat pun alhamdulillah sudah mengerti dan tidak memaksakan diri untuk berangkat berlayar dengan cuaca seperti ini,” jelasnya.

Menurutnya, KSOP hingga saat ini masih terus berkoordinasi dengan BMKG dan pihak kapal untuk melihat perkembangan cuaca.

“Kami masih berkoordinasi bersama BMKG dan pengguna jasa, kapan tepatnya bisa berlayar lagi,” ujarnya.

Sementara itu, terjadi lonjakan penumpang rute Batam-Tanjungpinang sebanyak 15 persen yang terjadi sejak 18 Desember lalu.

“Ke Batam sudah mulai ada peningkatan sebanyak 15 persen. Puncaknya 24 Desember ini tapi tidak seperti biasa lah seperti sebelum pandemi,” ucapnya.

Sedangkan untuk keberangkatan antar pulau dikatakan masih normal, dan belum terjadi lonjakan yang signifikan.(afr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed