oleh

Menyambut Sumpah Pemuda Bobby Djayanto Mengajak Masyarakat Menjaga Persatuan

-TOKOH-16 views

TANJUNGPINANG, KabarKepri.com – Menyongsong peringatan hari Sumpah Pemuda ke – 91 tahun ini, Bobby Djayanto, S. Sos. Tokoh yang dikenal seorang yang berjiwa sosial dan peduli terhadap lingkungan ini membuat Tema nya sendiri yakni, “Bersatu Kita Maju”.

Bobby Djayanto yang saat ini menjabat Ketua Komisi I di DPRD Provinsi Kepulauan Riau, memaparkan, setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda. Tepatnya tahun ini memasuki peringatan yang ke- 91 kalinya.

Makna yang mendalam bagi sejarah bangsa, serta isi ikrar sumpah pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 itu, membuat seluruh Pemuda ditambah air (Indonesia) ber-ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu, Indonesia.

Selanjutnya Bobby, yang juga Ketua Partai Nasdem Kota Tanjungpinang ini, makna dari Hari Sumpah Pemuda itu Pertama, untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia, serta yang kedua adalah demi menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air,” jelasnya.

Adapun isi Sumpah Pemuda itu adalah, Pertama. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Ketiga. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Peringatan hari sumpah pemuda, merupakan tonggak pemersatu bangsa bagi seluruh pemuda di tanah air. Tak hanya itu, hari sumpah pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia,” sebut Bobby saat dikonfirmasi media ini. Senin sore (28/10/2019).

Menurut Bobby, pemuda Indonesia mestilah gigih, gesit mengambil peran dalam kehidupan berbangsa. Ada sejumlah peran yang dapat dilakukan oleh pemuda Indonesia saat ini diantaranya, merawat keberagaman dan menjaga kebhinekaan untuk NKRI.

Meski ikrar sumpah pemuda sudah berusia hampir satu abad, akan tetapi ikrar tersebut masih tetap berlaku hingga kini. Memegang persatuan dan kesatuan merupakan hal sangat penting bagi Indonesia. Generasi muda Indonesia pun diharapkan dapat terus memegang persatuan dan kesatuan itu,” harap Bobby Jayanto.

Bobby juga menambahkan, nasionalisme sempit apalagi sikap primordial berdasarkan suku dan agama saja. Hal ini juga sangat berlawanan dengan keadaan serta tuntutan zaman diera global seperti sekarang.

“Jika kita tidak bisa bersama dalam suatu keberagaman, justru kita akan ketinggalan dan ini adalah suatu tantangan. Karena itu, bagaimana caranya pemuda kita ahli dapam merawat keberagaman. Ini sangat penting bagi Indonesia karena anak muda Indonesia juga majemuk,” terang Bobby.

Pemuda adalah masa depan bangsa, maka tingkatkanlah minat belajar mencari ilmu, jadikanlah agama sebagai pondasinya. Karena bangsa yang kokoh adalah bangsa yang kaya dengan ilmu pengetahuan dan menjadikan agama sebagai pondasinya.

Selain itu, sumpah pemuda juga merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dan dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita anak bangsa untuk berdirinya Negara Republik Indonesia.

Dan sebagai pemuda Indonesia kita hendaklah menjadi pelopor dalam menciptakan situasi bangsa yang aman, sejuk dan kondusif. Lakukan terus kegiatan yang positif sehingga dapat mendukung dalam pembangunan bangsa, khususnya di Provinsi Kepri,” tutup Bobby Djayanto. (JS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *